Pimpin Lat Pra Ops Zebra Krakatau 2024, Ini Pesan Kapolres Lampung Tengah

14/10/2024 17:40:00 WIB 174

lampung.tribratanews.com  Kapolres Lampung Tengah, Polda Lampung, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M didampingi Wakapolres, Kabag Ops dan Kasat Lantas memimpin langsung kegiatan Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Krakatau 2024, di Aula Atmani Wedhana Mapolres setempat, Senin (14/10/24) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh para PJU, Kapolsek beserta Kanit Intelkam Polsek jajaran, dan seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Krakatau 2024.

Kapolres Lampung Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 14 Oktober s/d 27 Oktober 2024, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas.

Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat mengenai peraturan lalu lintas, mengurangi angka pelanggaran serta mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Kapolres menambahkan, pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2024 kali ini berada pada rentan waktu pentahapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, serta Pilkada serentak 2024.

Oleh karena itu, tindakan selektif dengan skala prioritas harus benar-benar dipahami oleh semua anggota di lapangan, sehingga tidak bertentangan dengan tujuan Operasi Kepolisian.

"Saya ingatkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Krakatau 2024, agar menghindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra dan nama baik Institusi Polri, ksususnya nama baik Polres Lampung Tengah," pesan Kapolres.

Ia juga meminta agar personel tidak berorientasi pada penegakkan hukum (gakkum) atau tilang, tetapi lebih mengutamakan kegiatan preemtif dan preventif, serta tindakan simpatik humanis.

"Sebelum pelaksanaan kegiatan, agar para Perwira yang akan memimpin langsung Operasi Zebra Krakatau 2024 di lapangan, untuk memberikan arahan secara jelas terlebih dahulu, sehingga semua personel yang terlibat paham akan tugasnya dan tetap sesuai dengan SOP,” demikian pungkasnya. 

Share this post