Tanda Dimulainya Operasi, Kapolres Lampung Tengah Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Krakatau 2024

14/10/2024 18:20:00 WIB 224

lampung.tribratanews.com  Lampung Tengah – Kapolres Lampung Tengah, Polda Lampung AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M, memimpin langsung apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Krakatau 2024, bertempat di lapangan apel Mapolres setempat. Senin (14/10/24)

Apel yang berlangsung pada pagi hari ini menandai dimulainya operasi yang akan digelar selama dua pekan, dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024.

Apel ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalulintas demi terwujudkan kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman, khususya diwilkum Polres Lampung Tengah.

Dalam arahannya, Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit menekankan pentingnya operasi ini guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Ia juga meminta kepada seluruh personel yang terlibat Ops Zebra Krakatau 2024 agar melaksanakan tugas dengan profesional dan mendepankan kegiatan edukatif, persuasif serta humanis didukung penegakan hukum.

“Operasi Zebra Krakatau 2024 ini bukan hanya upaya penegakan hukum, tetapi juga bentuk sosialisasi kepada masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas. Karena, hal tersebut menjadi salah satu kunci menciptakan kondisi kondusif menjelang dan pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden serta menekan angka kecelakaan lalu lintas di Lampung Tengah,” kata Kapolres.

Adapun 9 (Sembilan) Prioritas Pelanggaran, sebagai berikut :

1. Menggunakan Handphone Saat Berkendara
2. Pengemudi Pengendara Dibawah Umur
3. Pengendara Sepeda Motor Berboncengan Lebih dari 1 Orang
4. Berkendara Melebihi Batas Kecepatan
5. Tidak Gunakan Helm SNI dan Safety Belt
6. Berkendara dalam Pengaruh Konsumsi Alkohol
7. Pengendara yang Melawan Arus Lalu Lintas, dan
8. Kendaraan Odol (Overloading dan Overdimension)
9. Kendaraan Parkir di Bahu Jalan Tol

Kapolres berharap, dengan adanya Operasi Zebra Krakatau dengan melibatkan unsur TNI, Satpol PP, Jasa Rahaja dan Dinas Perhubungan ini mampu menekan angka pelanggaran dan kecelakaan, sekaligus meningkatkan kesadaran berlalu lintas di kalangan masyarakat.

“Kami ingin masyarakat lebih sadar bahwa keselamatan di jalan adalah tanggung jawab bersama. Dengan disiplin berlalu lintas, kita bisa mencegah kecelakaan di jalan raya,” tutup Kapolres.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkompimda, para PJU, Kapolsek jajaran, Danki Brimob Gunung Sugih, Ketua Senkom Mitra Polri beserta seluruh tamu undangan lainnya. 

Share this post